Wednesday, July 15, 2020

Spesifikasi Teknis Pekerjaan Dinding Partisi


Dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai spesifikasi teknis pekerjaan partisi. Dengan adanya spesifikasi teknis ini, diharapkan dapat menjadi acuan pelaksanaan pekerjaan teresbut .

Ada banyak material partisi dalam dunia bangunan, yang dipaparkan dalam artikel ini adalah partisi dengan menggunakan material gypsum.

Lingkup Pekerjaan
Pekerjaan ini dilakukan meliputi pemasangan dinding partisi gypsum, termasuk pemasangan rangka sesuai yang disebutkan / ditunjukkan dalam gambar dan sesuai petunjuk Konsultan Pengawas.

Persyaratan Bahan 
Rangka :  Rangka vertikal dari besi hollow 4 x 4 cm/ 2 x 4 cm, tebal pelat besi hollow minimal 0,3 mm dan diberi meni. Rangka horizontal atas dan bawah dari metal runner berbahan steel galvanized, berupa profil kanal C (C-Channal).

Penutup partisi : Digunakan Gypsum Board yang bermutu baik produk JAYA Plasterboard atau produk lain yang setara, tebal = 12 mm.

Bahan  penutup sambungan partisi : Compound atau bahan plester ex UB400 atau produk lain yg setara. Paper tape yang berpori/berlubang dan bergaris tengah, serta Corner Bead berbahan metal, yaitu untuk penutup bagian sudut dinding partisi. Bahan Insulasi Glasswool, tebal 4 cm density 28 kg/m3. Kesemua bahan di atas harus disetujui oleh Konsultan Pengawas,  Perencana dan Pemberi Tugas.

Syarat-syarat Pelaksanaan
Sebelum melaksanakan pekerjaan, Kontraktor diwajibkan untuk meneliti gambar-gambar yang ada dan kondisi di lapangan (ukuran dan peil), termasuk mempelajari bentuk, pola lay-out / penempatan, cara pemasangan, mekanisme dan detail-detail sesuai gambar. Juga terlebih dahulu harus memeriksa untuk dikoordinasikan dengan pekerjaan-pekerjaan yang terkait dengan partisi gypsum, diantaranya adalah :

Pekerjaan Instalasi pada dinding
Pekerjaan Kosen, dan lain sebagainya yang terkait dalam terlaksananya pekerjaan ini.

Gypsum board yang dipasang adalah gypsum board yang telah dipilih dengan baik, bentuk dan ukuran masing-masing unit sama, tidak ada bagian yang retak, gompal atau cacat-cacat lainnya dan telah mendapat persetujuan dari Konsultan Pengawas.

Sebelum pemasangan metal runner, dibuat tanda/marking terlebih dahulu di atas bidang lantai sesuai gambar rencana dan diajukan untuk diperiksa terlebih dahulu oleh Konsultan Pengawas dan Perencana.

Modul rangka vertikal besi hollow adalah setiap berjarak per as = 60 cm. Rangka besi hollow dan metal runner harus siku, tegak, kaku dan kuat, kecuali bila dinyatakan lain, misal : permukaan merupakan bidang miring sesuai yang ditunjukkan dalam gambar.

Bahan  penutup  langit-langit  adalah  gypsum dengan  mutu  bahan  seperti  yang  telah dipersyaratkan  dengan  pola  pemasangan  sesuai  yang  ditunjukkan  dalam  gambar. Gypsum board dipasang dengan sekrup khusus, dengan menggunakan alat bor listrik dan setiap pemasangan masing-masing sekrup sejajar minimal berjarak 300 mm.  Kepala sekrup yang terlihat diberi compund agar tertutup dan diamplas.

Sambungan partisi gypsum board diberi compound dengan sebelumnya diberi paper tape khusus gypsum. Setelah compound kering, diamplas sampai rata dan garis sambungan setiap unit gypsum board hilang. Bagian sudut partisi gypsum board yang tidak terlindung oleh material lain, diberi corner bead dan dicompound dan diamplas dengan baik.

Setelah panel gypsum board terpasang, bidang permukaan partisi harus rata, lurus dan siku, dan antara unit-unit gypsum board tidak terlihat bergelombang dan sambungan. Kecuali  bila  dinyatakan  lain,  misal  :  permukaan  merupakan  bidang  miring  atau melengkung sesuai yang ditunjukkan dalam gambar.  Untuk menguji kesikuan/kerataan bidang partisi gypsum, dilakukan dengan menggunakan waterpas khusus, dan diperiksa bersama-sama Konsultan Pengawas/MK.

0 komentar

Post a Comment